PENGABDIAN PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS DI SMK WIRA HARAPAN BULAN APRIL TAHUN 2022

Setelah kurang lebih 2 tahun belajar daring akibat pandemi Covid-19 yang juga memengaruhi kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi dilaksanakan daring, akhirnya kegiatan pengabdian program studi Sastra Inggris bisa dilaksanakan secara tatap muka tahun ini dengan tetap memperhatikan kedisiplinan prokes. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SMK Wira Harapan dengan menyasar siswa kelas XI jurusan Akomodasi Perhotelan (Front office dan Housekeeping). Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) ini dilakukan dalam 2 minggu dengan 4 kali pertemuan yakni setiap hari senin (tanggal 4 dan 11) dan selasa (tanggal 5 dan 12).

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu siswa untuk melatih keterampilan bahasa Inggrisnya baik lisan maupun tulisan sebelum siswa-siswa tersebut mengikuti program magang ke industri. Siswa kelas XI jurusan Akomodasi Perhotelan berjumlah 96 orang yang terbagi dalam 3 kelas (XIAP1, XIAP2, dan XIAP3) yang diajar oleh masing-masing 1 dosen dan didampingi masing-masing 3 mahasiswa yang tergabung dalam HIMA DELTA.

Kegiatan dimulai dengan perkenalan dosen dan promosi Program Studi oleh Ibu Putu Chrisma Dewi, M.Hum. selaku Kaprodi dan Bapak Komang Tri Sutrisna Agustia, M.Hum. selaku Sekprodi. Ibu Gek Wulan Novi Utami, M.Hum. dan Ibu Ni Luh Desy Suari Dewi, M.Hum. sebagai koordinator yang mengatur jalannya kegiatan. Setelah pembukaan, Ibu Dr. Ni Made Diana Erfiani, Ibu Ni Nyoman Tri Sukarsih, Bapak Dr. I Nengah Laba, Bapak I Gusti Nyoman Putra Kamayana, M.Hum., Bapak I Gede Neil Prajamukti Wardhana, M.Hum. yang ditugaskan mengajar, masuk ke kelas sesuai jadwal dengan membawa materi yang telah disusun sesuai kebutuhan siswa yakni pelatihan kemampuan komunikasi bahasa Inggris siswa seperti WH-Questions in present and future tense, Asking permission, dan describing location and hotel facilities. Setiap pertemuan berakhir dengan pengisian google form sebagai evaluasi kegiatan.

Dari evaluasi tersebut diketahui antusiasme siswa tinggi untuk mengikuti pelatihan bahasa Inggris dari prodi Sastra Inggris karena membantu para siswa menyiapkan diri sebelum program magang. Sangat bersyukur karena atas izin Tuhan para Dosen Prodi Sastra Inggris dapat melaksanakan kegiatan pengabdian ini dengan baik dan lancar, begitu juga peran aktif HIMA DELTA dan pengabdian tulusnya kepada Prodi Sastra Inggris dan Undhira.